, ,

Honda Brio vs Daihatsu Sirion vs KIA Picanto - Fitur Siapa yang Paling Lengkap?

Mobil-mobil yang baru bermunculan memang rata-rata sudah dijejali banyak fitur modern. Tidak melihat model, baik city car, MPV, sedan, SUV, atau bahkan double cabin sekalipun. Nah menarik pula untuk sedikit melihat fitur-fitur apa yang ada di ketiga city car yang sempat kami lakukan komparasi.

Honda Brio


Sebagai pendatang baru, Baby Honda Jazz ini memiliki fitur yang lumayan lengkap, bahkan dalam segi keselamatan Brio mungkin yang terdepan di kelasnya. Mulai dari fitur ABS+EBD, teknologi G-COn+ACE yang mampu menyerap benturan serta perlindungan menyeluruh pada kabin penumpang, SRS Airbags pada bagian pengendara dan punumpang depan, pedestrian proctection dan juga petensioner lengkap dengan load limiter seatbealt yang mampu mengencang ketika terjadi benturan dan mengendur kembali. Satu lagi, adanya fitur Eco Indicator pada spidometer ternyata cukup membantu dalam pencapaian tingkat efesiensi bahan bakar yang baik.




Selain itu, Honda Brio juga datang dengan kelengkapan saran hiburan layaknya audio system double DIN yang telah terintegrasi dengan Compact Disc + Aux input + USB Port + Bluetooh Ready + Made for iPod & iPhone. Namun sayang, meski cukup lengkap tapi kualitasnya kami rasakan kurang prima.

Daihatsu All New Sirion

Dari sisi pengemudi, Daihatsu All New Sirion punya fitur tilt steering dan electronic power steering yang membuat pengendalian lebih ringan. Ada pula meter cluster memiliki pencahayaan optriton ditambah Multi Information Display (MID).



Ada hal menarik di bagian in-car-entertaiment yang dibalut dengan nuansa karbon lengkap dengan fasilitas MP3, Bluetooth, Caller ID, dan CD. Sayangnya Daihatsu All New Sirion hadir tanpa perngkat keselamatan aktif seperti ABS, EBD, dan SRS Airbags baik di sisi pengemudi maupun penumpang.

KIA All New Picanto

Sebagai bagian dari meningkatkan kenyamanan pengemudi, All New Picanto dilengkapi dengan fitur Electric Power Steering with Tilting. Ada pula fitur ECO Mode untuk menghasilkan konsumsi bahan bakar yang lebih ekonomis. Fitur tersebut dapat diaktifkan pada instrument cluster.




Hadir tanpa ABS, EBD, maupun SRS Airbags, KIA All New Picanto dilengkapi dengan sebuah headunit Kenwood KDC-U449 yang bisa menangkap sinyal radio, memutar piringan CD maupun berformat MP3/WMA, dan tidak lupa terdapat fitur USB slot yang bisa memainkan lagu dari flashdisk maupun iPod. Sinyal suara tersebut diteruskan ke pengeras suara sebanyak 4 buah, terdiri dari 2 speaker berada di ujung dasbor depan yang mengakibatkan suara berada di depan muka, dan sisanya berada di doortrim pintu belakang.

Kesimpulan :

Honda Brio paling lengkap urusan fitur. Baik soal keamanan aktif, kenyamanan berkendara, hingga perangkat hiburan. Sedangkan Daihatsu All New Sirion dan KIA All New Picanto cukup setara. Namun kami lebih menyukai audio system KIA All New Picanto dengan koneksi ke iPod-nya yang mantap.