, ,

Hi-Res Audio: The ultimate music selection

Hi-Res Audio juga disebut High-definition audio atau HD audio mulai dikenal oleh para penikmat musik digital dan bisa dibilang sebagai salah satu pilihan utama bagi mereka. Lalu, apa yang kita butuhkan untuk menikmati Hi-Res Audio dan bagaimana mendapatkannya.

Technics US


Tahun 2015 merupakan debut bagi Hi-Res Audio dan bisa kita jadikan mainstream dengan banyaknya rilis perangkat serta layanan yang mendukung format hi-res audio ini.

Dari Neil Young PonoPlayer untuk dukungan audio high-res pada Sony Xperia Z3 sampai hi-res streaming pada Qobuz, sudahlah banyak kebisingan 'pecah' dari HD audio.

Industri musik sendiri sekarang mulai beralih dari media fisik seperti CD dan vinyl, bahkan era kebangkitan vinyl sudah tidak bisa bertahan lagi. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya orang yang mengunduh music digital dari situs-situs ternama seperti Amazon dan iTunes, bahkan belakangan ini sudah ada layanan streaming seperti Spotify

Situs-situs tersebut menggunakan format file yang dikompresi dengan bitrate yang cukup rendah, seperti 256kbps untuk file AAC di iTunes dan 320kbps untuk MP3 pada layanan Spotify.

Bagaimana dengan kualitas suara yang dihasilkan? Tentu saja format ini tidak sepenuhnya mewakili semua amunisi yang kita siapkan pada play list favorit kita. Proses kompresi data sangat memungkinkan hilangnya track maupun data demi mendapatkan sekedar suara pada titik nyaman dalam ukuran file yang lebih padat.

Anda mungkin saja bisa bilang 'Oke laah...' saat mendengarkan iPod atau smartphone. Tapi bukan oke saja yang di inginkan oleh penikmat musik yang 'freak', mereka ingin lebih dari sekedar jawaban oke lah. Di sinilah di Anda harus mulai beralih ke hi-res audio.

Sejauh ini Astell & Kern, LG, Samsung, Sony dan FiiO hanya beberapa perusahaan yang sudah meluncurkan produk dengan audio resolusi tinggi, sementara beberapa situs download sekarang menawarkan sesuatu yang lebih baik dari CD yang memiliki file musik berkualitas tinggi. Saat ini pun label besar dan para musi memberikan dukungannya dalam industri Hi-Res Audi.

Apakah audio resolusi tinggi benar-benar begitu bernilai? Di mana Anda bisa mendapatkannya? Dan apa yang Anda butuhkan untuk memainkannya? 'Just stay cool'



Kenapa hi-res audio lebih bagus?

Ada beberapa format hi-res audio memulainya, dan semuanya sangat mendukung baik sampling rates mau bit-depth yang dibutuhkan format resolusi tinggi ini. FLAC dan ALAC, keduanya memang dihasilkan melalui proses kompresi data tapi tidak pada keduanya yang kehilangan data pada saat kompresi dilakukan.

Format lain yang mendukung adalah WAV, AIFF dan DSD, format ini sudah lazim digunakan untuk Super Audio CD. Jika kita berbicara tentang hi-res audio bukan hanya format file saja yang mendukung tapi kompatibilitas file dengan produk serta sistem aplikasi yang di akan digunakan.

Kenapa hi-res audio format terdengar lebih bagus dari kualitas MP3? Suara yang di hasilkan dari hi-res audio memiliki tekstur dan datil suara yang lebih baik jadi suara yang dihasilkan jauh lebih mendekati kualitas aslinya.

Apa yang dibutuhkan hi-res audio?

Dari AV receivers dan stereo amps sampai all-in-one music system dan streamer, itu hanya sebagian kecil produk yang ada di pasaran untuk memutar hi-res audio.

Arcam irDAC


File hi-res audio pada PC bisa Anda mainkan dengan menghubungkan PC ke DAC USB seperti Arcam irDAC untuk mengirimkan audio ke sebuah headphone atau speaker system.

Anda bahkan bisa memboyong dedicated headphone amps dengan built-in DAC yang mampu melayani hi-res audio. Sonos sempat populer dengan dukungan WAV dan AIFF, tapi cuma sekedar sampai pada level CD terkompresi. iTunes, dengan sistem dukungan file hi-res pun tetap tidak bisa memainkan file FLAC.

Jika Anda pengguna Mac, mungkin bisa Anda coba untuk menggunakan Amarra atau Channel D's Pure Music. Jika ingin bereksperimen dengan PC, Anda bisa mencoba JRiver Media Center.