,

Review Toyota All New Camry Hybrid

Toyota Camry dan hybrid merupakan dua kata yang punya popularitas berbeda ketika singgah di Indonesia. Toyota Camry Camry selama ini terkenal sebagai satu sedan papan atas dari Jepang yang kerap diindentikkan dengan mobil para pejabat. Sementara hybrid banyak yang belum paham tentang seluk beluknya.



Meski demikian PT Toyota Astra Motor (TAM) coba mengkombinasikan kedua hal tersebut. Booming di negara-negara maju membuat pemegang merek Toyota di dalam negeri ini yakin akan kesuksesan Toyota All New Camry Hybrid.

Mungkin terlalu panjang untuk membahas seluk beluk dan cara kerja hybrid pada All New Camry, namun kami coba menyajikan bagaimana performa dan paket komplit yang ditawarkan sedan bermesin bensin dengan tambahan motor listrik tersebut. Berikut ulasannya!

Design



Muncul dengan sebutan "All New", Toyota Camry memang harus mengalami ubahan total dari generasi pendahulunya. Begitupun dengan versi hybrid yang satu ini. Walau di Indonesia tidak pernah ada Toyota Camry hybrid pada masa-masa lampau, tapi secara desain kami coba membandingkan dengan Camry terdahulu.





Makin sporty tapi tidak meninggalkan kesan ekslusivitas. Itulah sedikit kesimpulan yang kami dapat ketika memandangi sosok All New Camry hybrid detil demi detil. Mulai dari front facia misalnya, baik grill, kap mesin, headlamp, hingga bumper dan rumah foglamp dibentuk ulang oleh Toyota. Semua bagian ini muncul dengan desain serba meruncing yang sporty. Tapi aksen krom pada grill dan foglamp benar-benar membuat Camry tak mau kehilangan jati dirinya sebagai sedan papan atas.



All New Camry juga tampil dengan desain lebih landai. Namun ada beberapa bagian yang dibuat sedikit menyiku sehingga terkesan agresif. Unsur elegan ditopang pula dari penggunaan velg alloy multi spoke 17 inci. "Mirip mobil Eropa ya," ujar seorang rekan saat sesi foto bagian sisi All New Camry Hybrid beberapa waktu lalu.



Ubahan yang cukup drastis juga dilakukan Toyota pada bentuk buritan All New Camry hybrid. Rear combination lamp kini tampil serba meruncing, terlihat futuristik sekaligus sporty. Tapi crome plate dan bentuk bumper belakang justru membungkus sedan Jepang itu dengan tema kemewahan. Tak lupa emblem Hybrid Synergy Drive bernuansa biru muda jadi identitas jika Camry yang satu ini diperkuat mesin hybrid.



Nah, jika dibagian luar ada sedikit ramuan tema sporty, maka ketika masuk ke kabin All New Camry Hybrid, maka kami langsung disajikan tampilan yang sangat elegan. Jok pengemudi dan penumpang serta doortrim dilapis kulit lembut berwarna beige. Sementara plafon dibalut beludru, dan dashboard dibungkus ulang dengan kulit berkelir hitam dengan jahitan yang sengaja ditonjolkan.



Tata letak panel-panel instrument juga berbeda dibanding Camry terdahulu. Kesan mewah makin lengkap dengan adanya aksen wood pada sebagian lingkar kemudi, dashboard, center console, dan doortrim. Kemewahan ini bukan cuma dihadirkan untuk ruang pengemudi dan penumpang depan tapi juga senada dengan penumpang belakang. Jadi mau duduk di depan atau belakang Anda akan mendapatkan nuansa elegan yang merata.

Performance

Inilah bagian paling menarik dari All New Camry Hybrid. Diposisikan sebagai pengganti Camry 3.5 Q yang menjadi top grade Toyota Camry sebelumnya, tentu banyak spekulasi muncul tentang ketangguhan All New Camry Hybrid setelah dipasangkan motor listrik pada mesin bensinnya.



Mengusung mesin 2AR-FXE berkapasitas 2.493 cc 4 silinder DOHC Dual VVT-i, All New Camry Hybrid diatas kertas memang jauh dari Camry 3.5 Q. Versi hybrid 6-speed automatic ini diklaim mampu menghasilkan tenaga 156 hp pada 5.700 rpm, plus motor listrik. Tapi jangan remehkan dulu All New Camry hybrid, mengingat teknologi hybrid mampu memberikan konsekuensi efisiensi bahan bakar yang lebih mumpuni.



Hal itu kami rasakan sendiri saat pengujian beberapa waktu lalu. Ketika tombol start-stop berwarna biru ditekan, tidak ada suara sama sekali keluar dari ruang mesin. Disinilah motor listrik dan baterai hybrid bekerja. Berjalan dengan kecepatan hingga 40 km/jam motor listrik masih mampu beroperasi dengan mode EV (Electric Vehicle). Baru ketika pedal gas diinjak lebih dalam, mesin konvensionalnya menggantikan kerja motor listrik. Pada mode Power ini, sensasinya mirip Camry 3.5 Q. Tapi entah karena beban motor listrik atau dimensi yang melar, akselerasinya tidak sespontan Camry 3.5 Q.



Menariknya, selain ada mode EV dan Power, All New Camry Hybrid juga dibekali mode Eco. Tingga tekan tuas Eco Mode yang ada dibawah Control AC, maka sistem komputer akan mempertahankan kecepatan mobil. Sistem akan bekerja membuat mobil melaju dengan kecepatan konstan, jadi ketika Anda ingin akselerasi saat Eco Mode diaktifkan, maka mobil seakan dipaksa untuk tidak menaikkan kecepatan secara tiba-tiba.



Anda juga tidak akan menemukan tachometer pada panel instrument di dashboard All New Camry Hybrid. Tetapi hanya ada petunjuk kecepatan mobil dalam km/jam, panel meter untuk EV, Eco, dan Power mode, serta panel meter untuk memantau konsumsi BBM secara real time. Ada pula Multi Information Display (MID) yang berisi informasi jarak tempuh kendaraan, konsumsi BBM, dan juga jarak tempuh yang masih bisa dilakukan dengan kapasitas BBM tersisa.



Mengendarai All New Camry Hybrid memang tak jauh berbeda sensasinya dengan Camry terdahulu. Handling masih cukup baik untuk diajak meliuk dijalan-jalan berkelok atau menyalip beberapa kendaraan di jalan raya. Tapi bicara konsumsi bahan bakar, dari data MID yang ada di panel dashboard menunjukkan, pada kondisi Eco kami mencatat konsumsi BBM mencapai 19 km/liter. Sementara pada mode Power konsumsi BBM 14-15 km/liter.

Comfort

Ubahan yang dilakukan Toyota pada All New Camry termasuk versi hybridnya bukan sekedar tampilan yang mewah luar dalam, tapi juga kenyamanan yang meningkat. Toyota Camry yang sedari dulu diposisikan bagi kalangan mapan masih menyajikan kenyamanan ekstra baik untuk pengemudi maupun penumpang.



Dari sisi pengemudi, visibilitas kearah depan, samping dan belakang sangat baik. Posisi duduk juga mampu diatur sesuai ragam postur tubuh orang Indonesia. Tombol-tombol control, baik yang ada di stir, ataupun center console mudah dijangkau pengemudi. Sementara bagi penumpang belakang, kenyamanan juga ditambah adanya sun guard baik di kaca samping maupun kaca belakang. Khusus kaca belakang, sun guard bisa otomatis turun saat posisi tuas transmisi ada di "R" (mundur).



Melintasi jalan dengan permukaan yang mulus maupun bergelombang, suspensi jenis MacPherson Strut dan Dual-Link Strut Rear Suspension mampu memberikan bantingan yang nyaman tidak hanya di sisi pengemudi maupun ketika mencoba duduk di bangku penumpang belakang.



Walau diposisikan sebagai mobil mewah, tapi All New Camry Hybrid tak melupakan ragam tempat penyimpanan. Baik glove box, console box, maupun cup holder tersebar dihampir semua sudut kabin mobil. Fasilitas ini tentunya jadi nilai tambah kenyamanan Anda selama perjalanan dengan All New Camry Hybrid.

Fitur



Ada banyak teknologi mutakhir yang disematkan pada All New Camry hybrid. Paling menonjol memang perihal motor hybrid dan baterai listrik yang tertanam bersama mesin bensin konvensionalnya. Tapi All New Camry Hybrid bukan sekedar sedan bermesin hybrid dengan teknologi tinggi, ada pula sederet fitur-fitur unggulan yang layak jadi poin plus.

Dalam hal penunjang kenyamanan pengemudi dan penumpang depan misalnya, semua jok dapat diatur posisinya secara elektrik. Suhu AC juga tidak lagi dual zone melainkan 3 zone. Agar makin lengkap semua kursi juga dibekali pemanas. Khusus pengemudi, posisi tempat duduk dan stir bisa disimpan dalam memory, dan untuk penumpang belakang, semua pengaturan itu ada di control yang diletakkan pada handrest.



Sedangkan dari sisi perangkat hiburan, All New Camry Hybrid juga sudah dipersenjatai entertainment system 2 Din Audio Video Navi yang dilengkapi dengan 8 unit JBL Edge Speaker. Audio system ini bisa memutar siaran radio FM/AM serta file dalam format CD, MP3, DVD, dan WMA. Agar memudahkan pengemudi, pengaturan audio system juga bisa dilakukan melalui steering switch.



Agar menunjang keselamatan pengemudi dan penumpang didalamnya, fitur-fitur seperti SRS Airbag bagi driver dan penumpang depan, side airbags, ABS, EBD, BA, Side Door Impact Beam, Rear Parking Camera, jadi perangkat yang sudah menempel pada All New Camry Hybrid.

Price



Masuk dalam kelas sedan mewah, All New Camry Hybrid berjejer dengan Honda New Accord, BMW Seri 5, maupun Mercedes-Benz E-Class. Tapi Toyota boleh bertepuk dada, karena teknologi hybrid pada Camry tidak ada pada kompetitornya. Dengan benderol Rp.635,6 juta on the road Jakarta, All New Camry Hybrid menawarkan sedan mewah dengan teknologi hybrid.

SOURCE: BOSMOBIL.COM