,

Review BMW 116i Sport

"Agresif, elegan, dan kompak" ketiga kata tersebut cukup mewakilkan sosok dari BMW 116i yang datang dari keluarga Seri-1 dengan line up hatchback sebagai penerus generasi ke-2nya.


Bentuk dinamis dengan model grill baru yang terlihat cukup agresif makin mengentalkan pribadi dari BMW Seri-1 Sport Line sebagai kendaraan yang cukup powerful di kelasnya.



Untuk lebih dekat, simak paparan singkat mengenai BMW 116i yang sukses dijajal oleh tim BosMobil beberapa saat lalu.

Desain



Mengambil desain high-gloss black pada bagian bemper depan dan belakang yang dikolaborasikan dengan grill model kidney serta bentuk engine hood memanjang rupanya memberikan efek kesan elegan yang tercampur dengan nuansa agresif.



Sedangkan desain headlamp memberikan ciri khas dari BMW yang telah terintegrasi dengan Adaptive Xenon Light dengan kemampuan penerangan yang cukup sempurna.



Guna mengentalkan sisi sportnya selain penempatan emblem logo Sport dan pipa gas buas berlapis krom hitam, bagian kaki-kaki juga mengaplikasi pelek alloy berdimensi 17” dengan desain 5 star-spoke lengkap dengan run flat tyres dan flat tyre indicator.



Bukan hanya tampang luar yang dipermak untuk memberikan kesan sportynya, namun urusan interior juga turut dibalutan lapisan Dakota berkelir merah untuk jok dan dashboard yang sangat kontras dengan nuansa black piano di bagian panel-panelnya.



Gagang kemudi yang smooth dan ergonomis dengan beberapa panel control fungsi disisi kanan-kirinya menjamin tingkat kenyamanan tersendiri bagi siapa saja yang mengendarainnya.

Performance



Datang sebagai varian line up sportnya, 116i memang pantas untuk diacungi jempol ketika berbicara mengenai performance.



Dibekali dengan mesin 1.6 liter 4-silinder lengkap dengan BMW TwinPower, Double-VANOS, High Precision Injection Turbo, dan juga VALVETRONIC membuat 116i mampu menghasilkan tenaga hingga 136 dk yang sangat responsive pada Rpm 4400.



Terlebih dengan dukungan transmisi Steptronic 8-kecepatan yang dapat dioperasikan secara manual, makin membuatnya kian melesat. Tercatat dari posisi 0 hingga 100 km/jam, 116i mampu melahapnya hanya dalam waktu 9,0 detik. Sedangkan untuk top speednya, tim mampu memaju 116i hingga 210 km/jam dengan menggunakan mode sport+.



Beberapa fitur pendukung dalam hal driving experience control juga menjadi sajian utama yang wajib diperhatikan. Saat berkendara santai anda bisa memilih mode Eco Pro yang mampu menekan tingkat konsumsi bahan bakar, sedangkan bila ingin mencari leveling kenyamanan yang lebih saat berkendara, tinggal mengeser tombol pilihan pada posisi comfort.



Nah, bagi para penggila kecepatan silakan cicipi mode sport dan sport+ yang menghadirkan tingkat dynamic driving dan dynamic driving restricted driving stabilisation ketika anda memacu adrenalin dan merasakan sensasi luapan performa si hatchback premium ini jauh lebih dalam .



Konsumsi bahan bakar terbilang sangat wajar bila lebih boros dari hatchback lainya, mengingat performa yang diusungnya pun cukup memuaskan hasrat adrenalin, Saat pengetesan beberapa waktu lalu, tim mendapat catatan konsumsi bahan bakar hingga 1:8 menggunakan mode sport dengan posisi berkendara agresif, sedangakan ketika menjajal fitur Eco Sportnya menyentuh angka hingga 1:11.

Comfort



Bukan berarti sebagai varian sportnya 116i kalah dalam hal kenyamanan, numun justru sebaliknya.



Lapisan Dakota red lether menyebar dari jok depan hingga belakang, bahkan tema sport yang lengkap dengan electric backrest dan adjustment seat height untuk pengemudi dan penumpang jok depan juga menjadi perangkat standar 116i.



Urusan kenyamanan posisi berkendara jangan dikhawatirkan. Ruang kaki yang terbilang cukup lapang, bahkan untuk orang yang memiliki fostur tubuh tinggi diatas rata-rata orang Asia sekalipun. Akan tetapi konsekuensinya jok baris kedua hanya memiliki ruang yang amat minim, terlebih ketika jok di bagian depan dimundurkan.

Fitur



Segudang fitur unggulan akan dapat anda nikmati pada seri-1 ini. Mulai dari driving experience control yang memberikan anda beberapa pilihan mode berkendara (Eco pro, comfort, sport dan sport+), iDrive controller, flat monitor display 6.5” yang terpampang di depan dashboard dan berfungi sebagai sarana informasi juga pusat entertainment.



Bahkan untuk menambah kenyamanannya perangkat audio BMW radio professional CD System lengkap dengan 6 buah stereo speaker system, dan juga konektivitas Bluetooth serta USB device turut teraplikasi. Sisi ergonomis juga lebih ditonjolkan guna memberikan kenyamanan yang lebih ketika berkendara dengan adanya voice control yang dapat mengaktifkan beberapa layanan dengan memberikan perintah suara.


Price



Bagi yang menginginkan ketangguhan sebuah hatchback, rasanya 116i sangat cocok dijadikan salah satu pilihan. Kebesaran nama BMW, kemewahan serta fitur yang lengkap lengkap dengan performa yang handal dapat anda tebus dengan kisaran harga yang mencapai Rp 529 juta (off the road). Sedangkan rivalnya, 116i bersaing dengan VW Golf GTi dan juga Ford Focus yang justru harganya sedikit berada dibawahnya.

SOURCE: BOSMOBIL.COM